Nak cari ape..??

Selasa, 14 Juli 2015

Wanita Ini Menjalani Hidup Tanpa Adanya Otak


Seorang wanita asal China dilaporkan kehilangan otak bagian belakang (otak kecil) selama dua dekade saat dokter mendiagnosanya. Kejadian ini kemudian diulas dalam sebuah jurnal yang khusus membahas anatomi otak.

Kejadian luar biasanya ini sangat mengejutkan dunia medis karena seharusnya wanita tersebut tidak akan mampu bertahan hidup selama itu.

Perempuan ini juga sangat terkejut ketika mengetahui selama 24 tahun berlalu, dia hidup tanpa sebuah otak. Spesialis mengatakan pernah terjadi delapan kasus serupa yang telah didokumentasikan oleh komunitas ilmiah hingga saat ini.

Namun, kasus ini sungguh mencengangkan karena biasanya pasien akan berakhir dengan kondisi sekarat (saat bayi) sebelum mampu mencapai masa remaja.

Melalui uraian dalam Jurnal Brain, dokter tidak bisa memastikan kapan persisnya sang wanita kehilangan bagian dari otaknya. Para dokter melihat terdapat jejak jaringan cerebellar yang dapat diidentifikasi di dalam otak wanita tersebut.

Mereka menduga wanita ini kehilangan anatomi otaknya itu saat lahir dan mulai mengalami kelainan selama hari-hari pertama hidupnya. Namun, bagian otak yang lain mengkompensasi kejanggalan (kelainan) yang akhirnya menyebabkan wanita tersebut mampu bertahan hidup.

"Fenomena mengejutkan ini menunjukkan plastisitas otak pada awal kehidupan. Ini menunjukkan bahwa otak muda cenderung jauh lebih fleksibel atau menyesuaikan diri dengan kelainan," tulis laporan jurnal Brain seperti dikutip Softpedia, Kamis (18/9/2014).

Itulah artikel tentang "Ajaib, Lahir Tanpa Adanya Otak." Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Pos Populer

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.