Nak cari ape..??

Rabu, 13 Januari 2016

Mempelajari Bagian-Bagian Kapal Induk




Kapal Induk atau yang disebut sebagai Air Craft Carrier adalah sebuah kapal mobilisasi dan kapal pengangkut sekaligus sebagai pusat dari pangkalan militer, mulai dari pesawat tempur berteknologi tinggi, hingga ke kapal tempur pun bisa berpangkalan di “Kapal Induk.”

Nah, coba aja kamu bayangin, betapa besarnya kan kapal induk ini. Dan Kapal Induk sendiri bisa menampung minimal hingga 3000 personil, bahkan Kapal Induk sekelas NIMMITZ menampung hingga 6000 personil, memiliki 18 Tingkat, ratusan tank dan pesawat tempur yang sebagian ditampung di dalam dek. Waah…. Banyak banget yah.!!!

Yang terdiri hingga 11-18 tingkat :




Nah, Penjelasannya, kayak gini (khusus untuk USS kapal Induk America):

Ruang Primary flight Control (PRI-PLV) adalah ruang menara Kontrol, biasanya ditempati oleh CAPTEN yang mengatur Penerbangan (Take Off) dan Pendaratan (Landing) pesawat selama 24 jam. 

Ruang Bridge: adalah ruang kontrol utama yang dipenuhi oleh ahli-ahli komputer beserta komputer-komputer digital military canggih lainnya. Nah, mereka yang berada dalam ruang ini disebut dengan Officer Of The Deck (OOD). Mereka punya tanggung jawab mengawasi kapal induk 24 jam nonstop dan tidak ada yang namanya santai-santai atau duduk enak-enak disini sambil menunggu gaji buta, semuanya bekerja disini. Tidak ada kata MALAS!!! semua gerakan di laut, sedetil mungkin tak luput dari pengawasan mereka, bahkan cuacapun dikontrol 24 jam nonstop.


Ruang Lapangan Bebas (DECK): adalah ruang dimana tempat pesawat tempur siap di terbangkan menjalankan misi-misinya. Tercatat dalam rekor. Setiap pergantian 6 bulan. Sesudah perawatan kapal. Pasukan Militer America melakukan latiihan hampir tiap hari 24 jam nonstop di kapal induk ini, walaupun tidak ada perang, tapi, latihan terus dilakukan tiap hari.

Dan dideck ini sendiri ada yang namanya Catapult :





Terdiri dari 4 buah, yaitu suatu mesin (PISTON) pelontar pesawat dari 0-160 dalam waktu 2 detik. Alat pelontor ini sendiri hanya kecil aja di pasang di kaki pesawat dan berkerja dari tenaga uap yang dihasilkan oleh mesin CVN. Tapi memiliki akselerasi hingga 0-160 knot dalam 2 detik.



Sumber: 
http://www.masterastronomi.blogspot.co.id/2013/01/mempelajari-bagian-bagian-kapal-induk.html

Pos Populer

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.