Nak cari ape..??

Minggu, 01 November 2015

Para Orang Tua, Jangan Pernah Ucapkan Ini Pada Anak Yaa..


Menjadi orang tua memang bukan hal yang mudah. Di satu sisi Sobat harus mengajarkan segala hal yang baik, namun di sisi lain Sobat tidak bisa menahan rasa ingin tahu anak yang begitu besar dari hal baik hingga hal yang terburuk. Namun sebagai orang tua terkadang kita merasa lupa saat dulu masih anak anak juga memiliki keingintahuan yang sama.

Nah, buat Sobat yang masih berproses menjadi orang tua ataupun yang sudah menjadi orang tua sebaiknya kita perlu memahami hal ini. Salah satunya memperhatikan kata kata yang akan kita ucapkan pada anak Sobat, dan seharusnya Sobat sebagai orang tua menghindari kata kata berikut :
1. Membentak dengan mengucapkan kata bodoh
Tidak semua anak dapat menerima penjelasan dari kita orang tua. Jangan pernah megucapkan kata, "Kamu tuh bodoh banget sih, susah di kasih tahu." Karena dengan mengucapkan kata tersebut itu akan terekam pada otak anak sehingga bisa jadi sang anak bisa mewujudkan hal tersebut.

2. Jangan Membandingkan dengan anak yang lain
Membanding bandingkan anak sendiri dengan anak yang lain adalah hal yang kurang tepat. Apalagi jika orang tua membandingkan anak yang satu dengan yang lain. Ini akan menimbulkan anggapan bahwa orang tua pilih kasih.

3. Jangan Ganggu Ibu/Ayah!
Setiap orang tua pasti memiliki masalah yang terkadang ingin menyendiri. Namun tidak baik jika orang tua mengatakan hal tersebut pada anaknya. Anak akan merasa bahwa dia tidak di inginkan kehadirannya. Jika memang orang tua ingin sendiri lebih baik titipkan anak pada orang tua kita atau biarkan mereka bermain sendiri tapi tetap pada jangkauan kita.

4. Membandingkan dengan keburukan orang tua
Terkadang membandingkan kebaikan orang tua pada anaknya adalah hal yang wajar. Namun jangan pernah membandingkan keburukan orang tua. Contohnya seperti, "Kelakuanmu itu sama aja kayak ayahmu/ibumu." Hal itu bisa membuat tingkat penghormatan dan penghargaan anak berkurang terhadap orang tua.

5. Membandingkan dengan masa kecil orang tua
Jika anak di bandingkan dengan masa kecil orang tuanya dengan cara memarahi. Karena sang anak tidak akan termotivasi dan justru sebaliknya, anak akan kesal jika dibandingkan dengan masa kecil orang tuanya. Sang anak akan semakin terpuruk. Untuk itu hindari untuk melakukan pencitraan diri pada anak dengan kondisi sekarang.

6. Dilarang menggunakan kata "Jangan" kepada anak
Emosi penggunaan kata “Jangan’ sebagai penghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dan Banyak di antara mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut bahkan sebaliknya sengaja melakukan hal yang kita larang, contoh:

a. "Nak, kalau sudah besar kamu jangan merokok ya?” Ganti dengan, “Nak, kalau sudah besar jadi anak yang sehat, ya.”
b. “Nak, jangan jadi anak yang nakal, ya?” Ganti dengan, “Nak, kalau sudah besar kamu harus menjadi anak yang baik, berbakti, sopan dan pintar."

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber:
http://www.pulsk.com/613964/





Pos Populer

Diberdayakan oleh Blogger.